Pembentukan Karakter Kemandirian, Kedisiplinan dan Kebangsaan Melalui (Unit Kegitan Mahasiswa) UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nuraini, Siti and Sunarso, Sunarso (2019) Pembentukan Karakter Kemandirian, Kedisiplinan dan Kebangsaan Melalui (Unit Kegitan Mahasiswa) UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-siti-nuraini-17730251030.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan: 1) karakter kemandirian, 2) karakter kedisiplinan. 3) karakter kebangsaan, dan 4) hambatan pembentukan karakter kemandirian, kedisiplinan serta kebangsaan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitan dilakukan dengan cara purposif yang terdiri dari: 1) Ketua UKM Pramuka, 2) Pembina Pramuka, 3) Wakil Rektor III Bidang kemahasiswaan dan 4) anggota Pramuka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan hal sebagai berikut, reduksi data, kategorisasi dan unitisasi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) karakter kemandirian melalui UKM Pramuka dengan kegiatan perkemahan, hiking, dan kegiatan wirausaha sebagai perwujudan sikap yang bertanggung jawab atas tugas yang ada dengan membagi waktu perkuliahan dan kegiatan di UKM Pramuka, 2) karakter kedisiplinan melalui UKM Pramuka yaitu dengan mewujudkan kegiatan mentertibkan peraturan, datang tepat waktu, menilai kerapian dan hukuman bagi yang tidak disiplin atau melanggar aturan disetiap kegiatan pramuka. 3) karakter kebangsaan melalui UKM Pramuka dapat diwujudkan dengan menghadiri kegiatan, upacara, mengenang jasa pahlawan, serta bakti sosial dan mengunjungi desa binaan. 4) hambatan pelaksaan kegiatan terdapat kendala pendanaan yang lambat diadakannya evaluasi di setiap kegiatan dan kerjasama yang baik antara pihak UKM pramuka dan bidang akademik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, kemandirian, kedisiplinan, kebangsaan, pramuka.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2020 07:53
Last Modified: 23 Sep 2020 07:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69016

Actions (login required)

View Item View Item