Efektivitas Pendekatan Project-Based Learning Berbasis Multiple Intelligences ditinjau dari Kemampuan Statistical Literacy dan Sikap Ilmiah Siswa SMP.

Kusuma, Ulivia Isnawati and Widjayanti, Djamilah Bondan (2019) Efektivitas Pendekatan Project-Based Learning Berbasis Multiple Intelligences ditinjau dari Kemampuan Statistical Literacy dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan project based learning berbasis multiple intelligences ditinjau dari kemampuan statistical literacy dan sikap ilmiah siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Project-Based Learning berbasis multiple intelligences dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Pengambilan data dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 selama bulan April sampai Mei 2019. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Uji untuk mengetahui beda rata-rata menggunakan statistik uji two group manova dengan uji Hotteling’s Trace. Uji untuk mengetahui ketercapaian rata-rata yang lebih besar dari kedua kelas menggunakan menggunakan uji independent sample t-test. Uji rata-rata posttest kemampuan statistical literacy dan skor angket akhir sikap ilmiah menggunakan uji one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Project-Based Learning berbasis multiple intelligences efektif ditinjau dari kemampuan statistical literacy dan sikap ilmiah siswa SMP, yaitu memenuhi kriteria: 1) rata-rata nilai kemampuan statitical literacy dan sikap ilmiah siswa di kelas eksprimen lebih besar dari pada di kelas kontrol; 2) rata-rata nilai posttest kemampuan statistical literacy pada kelas eksperimen minimal 75; 3) rata-rata skor angket akhir sikap ilmiah pada kelas eksperimen mencapai kategori tinggi yaitu lebih dari 85.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan statistical literacy, multiple intelligences, pendekatan saintifik, sikap ilmiah, PjBL
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2020 06:34
Last Modified: 23 Sep 2020 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69012

Actions (login required)

View Item View Item