Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Segitiga dan Segiempat Berorientasi pada Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Generalisasi Matematis.

Kamaluddin, Muhammad and Rusgianto, H.S (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Segitiga dan Segiempat Berorientasi pada Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Generalisasi Matematis. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) pada materi segitiga dan segiempat berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep matematis dan generalisasi matematis. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan didasarkan pada kriteria Nieveen yakni valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah research and development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIIa di MTs N 5 Wonogiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKS, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan soal tes kemampuan generalisasi matematis. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian oleh para ahli minimal mencapai kategori “baik”. Perangkat Pembelajaran dikatakan praktis jika penilaian guru dan hasil angket respon siswa minimal mencapai kategori “baik” dan persentase keterlaksanaan pembelajaran lebih dari 80%. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase ketuntasan hasil tes kemampuan pemahaman konsep dan generalisasi matematis masing-masing lebih dari 80%. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari RPP dan LKS berbasis discovery learning pada materi segitiga dan segiempat dengan karakteristik: (1) kegiatan pembelajaran mengacu pada karakteristik discovery learning yakni pembelajaran aktif dan bermakna, (2) mengacu pada langkah pembelajaran discovery learning, (3) kegiatan dilakukan secara berkelompok, dan (4) berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep matematis dan generalisasi matematis. Hasil penilaian kevalidan menunjukkan RPP dan LKS yang dikembangkan valid, masing-masing dengan kategori “baik”. Hasil penilaian kepraktisan berdasarkan penilaian guru menunjukkan RPP dan LKS yang dikembangkan praktis, masing-masing dengan kategori “sangat baik”, berdasarkankan angket respon siswa menunjukkan LKS yang dikembangkan praktis dengan kategori “baik”, dan persentase rata-rata dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,06%. Keefektifan perangkat pembelajaran terlihat dari persentase ketuntasan hasil tes kemampuan pemahaman konsep dan generalisasi, masing-masing sebesar 88,46% dan 84,61%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran matematika, segitiga dan segiempat, discovery learning, kemampuan pemahaman konsep, kemampuan.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2020 06:23
Last Modified: 23 Sep 2020 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69011

Actions (login required)

View Item View Item