HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DAN KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK KELAS ATAS SD NEGERI 1 PURBOSARI KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG PROVINSI JAWA TENGAH

Setyaji, Akhsan Bayu (2021) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DAN KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK KELAS ATAS SD NEGERI 1 PURBOSARI KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG PROVINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_akhsan bayu setyaji_16604221051.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani peserta didik kelas atas SD Negeri 1 Purbosari Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas atas SD Negeri 1 Purbosari yang berjumlah 67 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, dengan kriteria: (1) peserta didik kelas atas SD Negeri 1 Purbosari, (2) berusia 10-12 tahun, dan (3) tidak dalam keadaan sakit. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 49 peserta didik. Instrumen kualitas tidur yaitu Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), dan kebugaran jasmani menggunakan tes TKJI untuk usia 10-12 tahun. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani peserta didik kelas atas SD Negeri 1 Purbosari, dengan rx.y = 0,614 > r(0.05)(48) = 0,279 dan nilai signifikansi p 0,000 < 0,05. Hasil tersebut bernilai positif, artinya bahwa semakin baik kualitas tidur, maka semakin baik pula kebugaran jasmaninya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kualitas tidur, kebugaran jasmani, peserta didik kelas atas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:21
Last Modified: 25 Oct 2021 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69007

Actions (login required)

View Item View Item