PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI TARI CANDIK AYU PADA ANAK PEREMPUAN KELOMPOK B TK PKK 46 TUNAS MEKAR MRISI KASIHAN BANTUL

Iftika Evita, Sari (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI TARI CANDIK AYU PADA ANAK PEREMPUAN KELOMPOK B TK PKK 46 TUNAS MEKAR MRISI KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SEKRIPSI FULLTEXT_IFTIKA_15111241012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui Tari Candik Ayu pada anak perempuan kelompok B di TK PKK 46 Tunas Mekar Mrisi Kasihan Bantul. Keterampilan motorik kasar yang diteliti meliputi keseimbangan, kelincahan dan kelenturan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi antara guru dan peneliti. Model penelitian yang digunakan mengadaptasi dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek yang diteliti adalah pada anak kelompok B berjumlah 18 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi (checklist). Kriteria keberhasilan ini minimal nilai rata-rata kelas ≥75%. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Tari Candik Ayu mampu meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak perempuan kelompok B di TK PKK 46 Tunas Mekar Mrisi Kasihan Bantul. Hasil observasi yang dilakukan pada saat pratindakan menunjukkkan bahwa keterampilan motorik kasar anak mencapai 34.72% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), pada Siklus I meningkat mencapai 47.50% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), dan pada Siklus II mencapai 81.10% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Langkah-langkah penelitian yang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui Tari Candik Ayu yaitu: 1) menjelaskan tarian candik ayu dan memberikan contoh gerakan tari, 2) menyederhanakan gerakan agar mudah dipahami anak seperti gerakan trisik menjadi jalan di tempat, 3) pemberian reward dalam bentuk acungan jempol, 4) mengingatkan anak untuk memperhatikan dan fokus dengan gerakan tari. Kata Kunci: keterampilan motorik kasar, tari candik ayu, anak perempuan kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 21 Sep 2020 05:54
Last Modified: 21 Sep 2020 05:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68997

Actions (login required)

View Item View Item