Eksplorasi Kemampuan Literasi Kimia, Keterampilan Kolaborasi, dan Efikasi Diri Siswa SMA pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Berbasis Konteks.

Eny, Hestu Anggah and Wiyarsi, Antuni (2019) Eksplorasi Kemampuan Literasi Kimia, Keterampilan Kolaborasi, dan Efikasi Diri Siswa SMA pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Berbasis Konteks. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi, dan efikasi diri siswa pada pembelajaran berbasis konteks (PBK) dan pendekatan saintifik; (2) perbedaan kemampuan literasi kimia siswa pada PBK dan pendekatan saintifik; (3) perbedaan keterampilan kolaborasi siswa pada PBK dan pendekatan saintifik; (4) perbedaan efikasi diri siswa pada PBK dan pendekatan saintifk; (5) tingkat pencapaian kemampuan literasi siswa pada PBK; (6) tingkat pencapaian keterampilan kolaborasi siswa pada PBK; dan (7) tingkat pencapaian efikasi diri siswa pada PBK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan post-test only design. Sebanyak 118 siswa kelas XI dari dua SMA/MA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta, dipilih menggunakan teknik convenience sampling dan kelompok siswa dipilih secara acak. Sampel diklasifikasikan menjadi dua kelas berdasarkan pendekatan pembelajaran yang digunakan, yaitu kelas dengan PBK (kelas eksperimen) dan kelas dengan pendekatan saintifik (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi kimia, angket dan lembar observasi keterampilan kolaborasi, serta angket efikasi diri. Instrumen penelitian yang digunakan memiliki reliabilitas yang baik dan layak digunakan. Data dianalisis dengan teknik MANOVA untuk menganalisis perbedaan kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi dan efikasi diri siswa pada PBK dan pendekatan saintifik. Tingkat pencapaian kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi dan efikasi diri siswa pada PBK dianalisis dengan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan dari kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi, dan efikasi diri siswa pada PBK dengan pendekatan saintifik; (2) terdapat perbedaan signifikan dari kemampuan literasi kimia siswa pada PBK dengan pendekatan saintifik; (3) terdapat perbedaan signifikan dari keterampilan kolaborasi siswa pada PBK dengan pendektan saintifik; (4) terdapat perbedaan signifikan dari efikasi diri siswa pada PBK dengan pendekatan saintifik; (5) tingkat pencapaian kemampuan literasi kimia siswa pada PBK dominan pada kategori kurang; (6) tingkat pencapaian keterampilan kolaborasi siswa pada PBK berada pada kategori baik; dan (7) tingkat pencapaian efikasi diri siswa pada PBK berada pada kategori baik. Penerapan PBK berpotensi untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi dan efikasi diri siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, kesetimbangan kimia, kolaborasi, literasi kimia, PBK
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Sep 2020 06:15
Last Modified: 17 Sep 2020 06:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68975

Actions (login required)

View Item View Item