PENGARUH DYER TENNIS TEST TERHADAP KEMAMPUAN FOREHAND DAN BACKHAND GROUNDSTROKE MAHASISWA PRODI PJKR FIK UNY

Kurniawan, Deo Riesky (2020) PENGARUH DYER TENNIS TEST TERHADAP KEMAMPUAN FOREHAND DAN BACKHAND GROUNDSTROKE MAHASISWA PRODI PJKR FIK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Deo Riesky Kurniawan Nim.16601244022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkuliahan tenis lapangan dijumpai kurangnya penguasaan teknik dasar bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dyer tennis test terhadap kemampuan forehand dan backhand groundstroke mahasiswa Prodi PJKR FIK UNY. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen. Metode yang digunakan adalah one group pre test- post test. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi PJKR FIK UNY. Shampel dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive shample yaitu seluruh mahasiswa prodi PJKR FIK UNY yang mengikuti Mata Kuliah Orpil Tenis Lapangan dan sudah bisa bermain tenis sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah Tes kemampuan tenis lapangan (Sport Skill Test) forehand dan backhand groundstroke yang terdiri dari test forehand groundstroke dan test backhand groundstroke. Dengan Validitas test forehand 0,907 dan reabilitas 0,908. Backhand memiliki validitas 0,895 dan realibiltas 0,925. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menggunakan uji-t before after. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dyer tennis test terhadap tingkat kemampuan forehand dan backhand groundstroke mahasiswa Prodi PJKR FIK UNY. Dyer tennis test yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 26,67%. Ada pengaruh yang signifikan sebesar 27,15%. Ada pengaruh yang signifikan dyer tennis test terhadap kemampuan backhand groundstroke mahasiswa Prodi PJKR FIK UNY dan dyer tennis test yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik 26,10%. Dengan demikia terdapat kesimpulan bahwa dyer tennis test memiliki pengaruh yang singnifikan terhadap tingkat kemampuan forehand dan backhand groundstroke mahasiswa prodi PJKR FIK UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, forehand groundstroke, backhand groundstroke
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:51
Last Modified: 16 Sep 2020 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68971

Actions (login required)

View Item View Item