PENGARUH LATIHAN DRILL SPEED DAN AGILITY TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN PADA ATLET PANJAT TEBING KATEGORI SPEED WORLD RECORD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ariesta, Amelia Windy (2021) PENGARUH LATIHAN DRILL SPEED DAN AGILITY TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN PADA ATLET PANJAT TEBING KATEGORI SPEED WORLD RECORD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_amelia windy ariesta_17603141002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya prestasi atlet cabang olahraga Panjat Tebing kategori Speed World Record Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu faktor pendukung untuk menjadikan atlet panjat tebing yang handal khususnya pada atlet panjat tebing kategori Speed World Record harus memiliki speed, coordination, power dan agility yang baik. Drill Speed dan Agility adalah salah satu latihan untuk meningkatkan speed, coordination, power dan agility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa Pengaruh Latihan Drill Speed dan Agility terhadap Peningkatan Kecepatan Pada Atlet Panjat Tebing Kategori Speed World Record Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain adalah Matching Pretestpost-test Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet Panjat Tebing Daerah Istimewa Yogyakarta. Peneliti menggunakan delapan atlet Panjat Tebing dengan consecutive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data menggunakan T Test Drill Speed Dan T Test Agiliy. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan komputer program SPSS for Windows 16.00 serta bantuan Microsoft Excel didapatkan hasil uji regresi linier diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh Latihan Drill Speed dan Agility dalam meningkatan kecepatan atlet panjat tebing kategori speed world record. Kemudian hasil uji regresi linier sederhana didapatkan koefisien regresi latihan drill speed dan agility terhadap peningkatan kecepatan atlet panjat tebing kategori speed world record (β= i.980) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari latihan drill speed dan agility dalam meningkatan kecepatan atlet panjat tebing kategori speed world record Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Margono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: latihan drill speed dan agility , panjat tebing
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Oct 2021 08:32
Last Modified: 22 Oct 2021 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68958

Actions (login required)

View Item View Item