TINGKAT PENGETAHUAN GURU SMP LB SE-KABUPATEN BANTUL TERHADAP PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF

Gumilang, Danny Cahya (2020) TINGKAT PENGETAHUAN GURU SMP LB SE-KABUPATEN BANTUL TERHADAP PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DANNY CAHYA GUMILANG (16601241037).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pengetahuan guru terhadap pembelajaran penjas adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat tingkat pengetahuan guru SMP LB Se-Kabupaten Bantul terhadap pembelajaran penjas adaptif. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP LB Se-Kabupaten Bantul yang terdiri dari 3 sekolah dengan jumlah total yaitu berjumlah 95 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah puposive sampling. Kriteria dalam penentuan sampel ini meliputi: (1) guru yang masih aktif dan terdaftar resmi di sekolah masing-masing, (2) pernah mendapatkan materi pendidikan jasmani adaptif, (3) tidak dalam keadaan sakit, (4) bersedia mengisi angket, (5) guru umum/penjas yang pernah mengajar pendidikan jasmani. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 60 orang guru. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan 31 butir pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan guru SMP LB Se-Kabupaten Bantul terhadap pembelajaran penjas adaptif dapat diketahui bahwa kategori sangat rendah sebesar 15,00% (9 guru), rendah sebesar 35,00% (21 guru), cukup sebesar 13,33% (8 guru), tinggi sebesar 11,67% (7 guru), dan sangat tinggi sebesar 25,00% (15 guru).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Yuyun Ari Wibowo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani adaptif
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:35
Last Modified: 15 Sep 2020 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68948

Actions (login required)

View Item View Item