MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI KEGIATAN FUN COOKING DI KELOMPOK A TK PKK 62 TRIDAYA CANDEN JETIS BANTUL

Nur Cahya, Ningrum (2020) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI KEGIATAN FUN COOKING DI KELOMPOK A TK PKK 62 TRIDAYA CANDEN JETIS BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Nur Cahya_16111241010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui kegiatan fun cooking di kelompok A TK PKK 62 Tridaya Canden, Jetis, Bantul. Hal ini dikarenakan kemandirian anak pada anak kelompok A masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan desain penelitian Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 15 anak didik yaitu 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek penelitian ini yaitu peningkatan kemandirian anak melalui kegiatan fun cooking. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi yang dilakukan setelah tindakan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak pada anak kelompok A mengalami peningkatan melalui kegiatan fun cooking. Hal ini dapat dilihat dari hasil Pra Tindakan memperoleh persentase sebanyak 33.33% berada dalam kategori cukup. Pada Siklus I terjadi peningkatan persentase menjadi 46.67% yang berada pada kategori cukup dan meningkat pada Siklus II menjadi 80% berada pada kategori sangat baik. Adapun langkah-langkah kegiatan fun cooking yaitu: (1) mengenalkan anak pada alat dan bahan makanan yang akan digunakan, (2) mendemonstrasikan cara mengolah bahan makanan dan memberikan kesempatan anak ikut maju ke depan (3) anak mengambil sendiri peralatan dan bahan yang akan digunakan, (4) anak mengolah bahan makanan sesuai instruksi dan kemampuannya, (5) anak menyajikan makanan sesuai keinginannya, dan (6) anak membereskan peralatan yang telah digunakannya. Penggunaan kegiatan fun cooking dapat mendorong minat dan motivasi anak untuk melakukan kegiatannya sendiri, dengan memberikan kesempatan anak untuk mengerjakannya dan meminimalisir bantuan dari guru pada Siklus II, sehingga dapat tercapai indikator keberhasilan penelitian. Kata Kunci: kegiatan fun cooking, kemandirian anak, anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:43
Last Modified: 14 Sep 2020 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68939

Actions (login required)

View Item View Item