KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM KEGIATAN MENGANYAM PADA ANAK TK KELOMPOK B SE-GUGUS IV KECAMATAN PANDAK BANTUL

Murni, Lestari (2020) KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM KEGIATAN MENGANYAM PADA ANAK TK KELOMPOK B SE-GUGUS IV KECAMATAN PANDAK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_Murni Lestari_16111244021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan motorik halus dalam kegiatan menganyam pada anak Taman Kanak-kanak (TK) Kelompok B Se-Gugus IV Kecamatan Pandak Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Tempat yang digunakan untuk penelitian yaitu Taman Kanak-kanak (TK) Se-Gugus IV Kecamatan Pandak Bantul yang terdiri dari TK ABA Tegallayang I, TK PKK 82 Kuroboyo, TK PKK 112 Glagahan, TK ABA Putra Fajar, TK PKK 47 Ekapratiwi, TK KK LKMD Tunjungan, dan TK ABA Gluntung. Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak-Kanak (TK) Kelompok B. Sumber data diperoleh dari hasil observasi menggunakan lembar observasi yang berupa checklist. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi menggunakan checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan skor persentase yang menghitung seberapa besar kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menganyam pada anak TK Kelompok B Se-Gugus IV Kecamatan Pandak Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus dalam kegiatan menganyam pada anak TK Kelompok B Se-Gugus IV Kecamatan Pandak Bantul termasuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 66,38%. Pada kategori Belum Berkembang (BB) diperoleh persentase sebesar 0,42%, kategori Mulai Berkembang (MB) diperoleh persentase sebesar 35,98%, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) diperoleh persentase sebesar 40,16%, dan kategori Berkembang Sangat Baik diperoleh persentase sebesar 23,43%. Modus (nilai yang sering muncul) dalam penelitian ini adalah kategori Mulai Berkembang (MB) dengan persentase sebesar 47,77%. Kata kunci: kemampuan motorik halus, kegiatan menganyam, anak TK Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Sep 2020 06:05
Last Modified: 14 Sep 2020 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68936

Actions (login required)

View Item View Item