IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA BANTUL

Erina Putri, Anggraeni (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_ERINA_16111241007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program literasi pada anak usia 4-6 tahun di TK Negeri Pembina Bantul. Hal ini dikarenakan TK Negeri Pembina Bantul memiliki program literasi yang menarik. Penelitian literasi ini menggunakan teori mengenai teori literasi dini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penekitian yaitu kepala sekolah, guru kelas (kelompok A2 dan kelompok B2), dan anak-anak kelompok A2 dan kelompok B2. Pengumpulan data diambil melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Implementasi program-progam literasi di TK Negeri Pembina Bantul berupa program pojok literasi, membaca mandiri ketika waktu istirahat, guru membacakan buku cerita sebelum pulang sekolah, dan program Gernas Baku. (2) Faktor pendukung program literasi di TK Negeri Pembina Bantul yaitu adanya bantuan buku dari Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Bantul dan bantuan rak buku dari Kemendikbud yang membuat TK Negeri memiliki banyak koleksi buku, selain itu kegiatan Gernas Baku yang sudah dilaksanakan di TK Negeri Pembina Bantul juga mendukung kegiatan literasi menjadi lebih baik lagi. (3) Faktor yang menghambat kesadaran atau kemandirian anak dalam merapikan kembali buku-buku ke dalam rak setelah digunakan. Selain itu hambatan ketika di kelas adalah masih banyak anak yang belum mampu membaca, serta sulitnya memberikan motivasi untuk anak gemar membaca dan kurang fokusnya guru untuk mendampingi anak satu-satu karena guru juga sebagai guru kelas. Kata kunci : Implementasi,Program Literasi, TK Negeri Pembina Bantul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Sep 2020 06:02
Last Modified: 14 Sep 2020 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68935

Actions (login required)

View Item View Item