HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN LARI DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN KASTI PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUNUNGPRING 2 MUNTILAN

Yuliana, Syifa (2020) HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN LARI DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN KASTI PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUNUNGPRING 2 MUNTILAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYIFA YULIANA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecepatan lari dan kekuatan otot lengan dengan keterampilan bermain kasti pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gunungpring 2 Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gunungpring 2 Muntilan yang berjumlah 47 siswa. Pengambilan sampel menggunakan puposive sampling, dengan kriteria: (1) siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gunungpring 2 Muntilan, (2) dapat bermain kasti, (3) bersedia mengikuti rangkaian tes yang dilakukan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 31 siswa. Instrumen kecepatan lari yaitu tes lari 40 meter, kekuatan otot lengan yaitu tes gantung siku tekuk, dan keterampilan bermain kasti yaitu dites melalui memukul, melempar, menangkap bola, serta kecepatan lari. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara kecepatan lari dengan keterampilan bermain kasti pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gunungpring 2 Muntilan, dengan nilai r 0,800. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan keterampilan bermain kasti pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gunungpring 2 Muntilan, dengan nilai r 0,740. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kecepatan lari dan kekuatan otot lengan dengan keterampilan bermain kasti pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gunungpring 2 Muntilan, dengan nilai R 0,823.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Amat Komari, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kasti
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:32
Last Modified: 11 Sep 2020 04:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68925

Actions (login required)

View Item View Item