TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA SISWA KKO KELAS 7 DI SMP N 13 YOGYAKARTA

Rizki, Itsna Asyara (2020) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA SISWA KKO KELAS 7 DI SMP N 13 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TAS Itsna Asyara.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat kemampuan motorik kasar pada siswa KKO kelas 7 di SMP N 13 Yogyakarta. kemampuan motorik merupakan gerak dasar atau kualitas hasil gerak yang berasal dari dalam ataupun luar diri anak untuk membentuk pada keterampilan gerak rendah yang dapat ditingkatkan melalui latihan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik tes pengukuran untuk mendapatkan data. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa KKO kelas 7 di SMP N 13 Yogyakarta sebanyak 28 siswa. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borrow Motor Ability Test yang meliputi: 1) Standing broad jump, 2) Soft ball throw, 3) Zig-zag run, 4) Wall pass, 5) Medicine ball put, 6) Lari 60 yard dash. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur adalah stopwatch dan meteran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan motorik siswa KKO kelas 7 di SMP N 13 Yogyakarta sebagian besar masuk dalam kategori tinggi, yaitu diperoleh : 0 siswa (0.00%) mempunyai kemampuan motorik sangat tinggi, 11 siswa (39,29%) mempunyai kemampuan motorik tinggi, 9 siswa (32,14%) mempunyai kemampuan motorik sedang, 5 siswa (17,86%) mempunyai kemampuan motorik kurang, 3 siswa (10,71%) mempunyai kemampuan motorik sangat kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik kasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:06
Last Modified: 11 Sep 2020 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68924

Actions (login required)

View Item View Item