Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Prestasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik.

Anggraini, Dini and Supiah, Isana (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Prestasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis_Dini Anggraini_17728251033.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi asam basa (2) seberapa besar sumbangan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan postest only control grup design. Pada penelitian ini terdapat dua kelas sampel penelitian yaitu kelas eksperimen (XI MIPA 5) dan kelas kontrol (XI MIPA 1). Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Sampelnya sebanyak 62 peserta didik yang ditentukan berdasarkan teknik random sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa tes prestasi belajar angket kemandirian belajar. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi asam basa dengan taraf signifikan < 0,05. (2) sumbangan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik pada materi asam basa sebesar 34,5 %. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, model pembelajarn inkuiri terbimbing, prestasi belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:11
Last Modified: 15 Sep 2020 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68918

Actions (login required)

View Item View Item