Penerapan Model Pembelajaran Discovery pada Materi Larutan Penyangga terhadap Kemampuan Berpikir Terintegrasi, Sikap Kreatif dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik.

Syolendra, dwi finna and Widjajanti, Endang (2019) Penerapan Model Pembelajaran Discovery pada Materi Larutan Penyangga terhadap Kemampuan Berpikir Terintegrasi, Sikap Kreatif dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis_Dwi Finna Syolendra_17728251030.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya (1) perbedaan secara signifikan dalam kemampuan berpikir terintegrasi, sikap kreatif dan keterampilan kolaborasi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran model 5M pada materi larutan penyangga, dan (2) sumbangan model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir terintegrasi, sikap kreatif dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling, sehingga didapatkan dua kelas sampel. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran discovery yang terdiri dari 32 peserta didik, dan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran 5M dengan jumlah peserta didik 32 orang. Instrumen penelitian berupa tes uraian kemampuan berpikir terintegrasi, angket dan lembar observasi untuk menilai sikap kreatif dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran discovery dan model 5M terhadap kemampuan berpikir terintegrasi, sikap kreatif dan keterampilan kolaborasi, dan (2) terdapat sumbangan dari model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir terintegrasi, sikap kreatif dan keterampilan secara bersama sebesar 12,3% yang masuk ke dalam kategori sedang, terdapat sumbangan model discovery terhadap kemampuan berpikir terintegrasi sebesar 11.9% yang masuk ke dalam kategori sedang, terdapat sumbangan dari model pembelajaran discovery terhadap sikap kreatif sebesar 0.7% yang masuk ke dalam kategori kecil dan terdapat sumbangan dari model pembelajaran discovery terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 1.5% yang masuk ke dalam kategori kecil. Dengan demikian perlu adanya penerapan pembelajaran dengan model discovery pada pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir terintegrasi, sikap kreatif dan keterampilan kolaborasi peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, kemampuan berpikir terintegrasi, kemampuan berpikir analisis, keterampilan proses sains, sikap kreatif, keterampilan kolaborasi, larutan penyangga
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:12
Last Modified: 09 Sep 2020 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68917

Actions (login required)

View Item View Item