TINGKAT KONDISI FISIK SISWA SISWA EKSTRAKURIKULER TENIS LAPANGAN SMP NEGERI 1 ADIPALA CILACAP

Santoso, Teguh Imam (2020) TINGKAT KONDISI FISIK SISWA SISWA EKSTRAKURIKULER TENIS LAPANGAN SMP NEGERI 1 ADIPALA CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Teguh Imam Santoso Tingkat Kondisi Fisik.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kondisi fisik peserta peserta ekstrakurikuler Tenis Lapangan di SMP Negeri 1 Adipala Cilacap. Komponen yang diukur adalah komponen kondisi fisik, yaitu kekuatan otot lengan dan perut, kecepatan lari 20 yards, kelincahan, power tungkai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang di gunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Subjek penelitian ini yaitu peserta peserta ekstrakurikuler Tenis Lapangan SMP Negeri 1 Adipala Cilacap yang berjumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan, yaitu; (1) kekuatan otot lengan diukur menggunakan push up dan kekuatan otot perut diukur menggunakan sit up dengan satuan jumlah dalam 1 menit, (2) kecepatan diukur menggunakan tes lari 20 yards dengan satuan detik, (3) kelincahan diukur menggunakan hexagon test dengan satuan jumlah dalam 1 menit, (4) power tungkai diukur dengan vertical jump dengan satuan centimeter. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kondisi fisik peserta ekstrakurikuler tenis lapangan SMP Negeri 1 Adipala Cilacap dengan Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kondisi fisik siswa siswi ekstrakurikuler tenis lapangan SMP Negeri 1 Adipala adalah baik dengen persentase 38.7%. Adapun hasil secara keseluruhan adalan sebagai berikut: Kategori sangat baik 10,6%, kategori baik 38.7%, kategori rata-rata 32% dan kategori perlu peningkatan 18.7%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tenis, ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:29
Last Modified: 08 Sep 2020 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68889

Actions (login required)

View Item View Item