Wahyuningsih, Desrah (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MAPEL PJOK KELAS V SD UNTUK WILAYAH KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter mata pelajaraan PJOK kelas V SD Negeri untuk wilayah kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods). Populasi yang digunakan adalah guru PJOK di SD Negeri di wilayah Kabupaten Bantul. Teknik sampling dalam penelitian adalah cluster random sampling. Sampel yang diambil adalah guru PJOK di SD Negeri di 10 kecamatan di Kabupaten Bantul, sehingga sampel berjumlah 10 guru dari 10 sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari Miles & Huberman dan deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran PJOK kelas V SD Negeri untuk wilayah kabupaten Bantul berada pada kategori “tidak baik” sebesar 0,00% (0 guru), “kurang baik” sebesar 40,00% (4 guru), “baik” sebesar 60,00% (6 guru), dan “sangat baik” sebesar 0,00% (0 guru). Guru sudah menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PJOK, seperti kejujuran, fair play, sportif, empati, simpati, berbicara santun, sikap mental yang baik, bisa dikenali sebagai bagian integral dari pendidikan jasmani dan olahraga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Dr. Sri Winarni, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | PJOK, pendidikan karakter |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 02:38 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 02:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68888 |
Actions (login required)
View Item |