MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA NGENTAK SELOHARJO PUNDONG BANTUL

Hasan, Aminudin (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA NGENTAK SELOHARJO PUNDONG BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS_HASAN AMINUDIN_14111244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media flash card pada anak kelompok B di TK ABA Ngentak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini yaitu 18 anak di kelompok B TK ABA Ngentak. Objek penelitiannya yaitu kemampuan membaca permulaan anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila persentase rata-rata hasil kemampuan membaca permulaan anak mencapai kriteria minimal 80% dari jumlah anak yang mencapai kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah adanya tindakan menggunakan media flash card yang dapat mencapai kriteria keberhasilan yaitu perolehan rata-rata persentase minimal 80%. Langkah-langkah penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flash card, yaitu: (a) guru menyusun media flash card kemudian dipegang setinggi dada dan menghadap ke anak, (b) guru menerangkan dan membacakan satu per satu flash card tersebut secara cepat dalam waktu 1-5 detik, (c) kemud ian guru memberikan tugas kepada anak yaitu menunjukkan media flash card yang mempunyai huruf awal yang sama seperti yang ditunjukkan guru, dan membaca gabungan suku kata pada media flash card. Berdasarkan data hasil observasi pada tahap pratindakan kemampuan membaca permulaan anak memperoleh rata-rata persentase sebesar 25,69%. Pada siklus I persentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak sebesar 45,13%. Pada siklus II persentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak sebesar 81,94%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian dapat dikatakan berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang ditentukan yaitu minimal 80%. Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media flash card, anak kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:07
Last Modified: 07 Sep 2020 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68882

Actions (login required)

View Item View Item