PENERAPAN PEMBELAJARAN LITERASI DI TK RUMAHKU TUMBUH

Mamada Arlistya, Putri (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN LITERASI DI TK RUMAHKU TUMBUH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi - Mamada Arlistya P - Penerapan Pembelajaran Literasi di TK RumahKu Tumbuh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran literasi di TK RumahKu Tumbuh. TK RumahKu Tumbuh merupakan sekolah yang memiliki keunggulan program literasi. Penerapan literasi di TK RumahKu Tumbuh dilakukan dengan sinergitas tri pusat pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, kelas A dan kelas B. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran literasi di TK RumahKu Tumbuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data yakni: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pelaksanaan pembelajaran literasi sudah sesuai dengan tahapan pembelajaran, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) faktor pendukung meliputi: a) kurikulum literasi dengan sinergitas tri pusat pendidikan yang sudah efektif, b) tenaga pendidik yang rutin mengikuti upgrading dan bedah buku untuk mengasah pengetahuan, c) orangtua siswa yang support dalam pembelajaran literasi, dan d) fasilitas literasi yang mendukung. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dalam pelaksanaan pembelajaran literasi; 3) respon siswa terhadap pembelajaran literasi sangat baik. Kata kunci: Pembelajaran Literasi, TK RumahKu Tumbuh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:58
Last Modified: 07 Sep 2020 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68879

Actions (login required)

View Item View Item