UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA I IMOGIRI

Faza Kurnia, Fitriani (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA I IMOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi (Faza Kurnia Fitriani).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains pada anak Kelompok B di TK ABA I Imogiri melalui metode eksperimen warna. Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan anak dalam keterampilan proses sains yang masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan sistem spiral. Prosedur penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua anak Kelompok B di TK ABA I Imogiri yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan keterampilan proses sains melalui metode eksperimen warna. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi. Teknik analisis data ,menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keterampilan proses sains dari siklus I ada 1 anak (7,69%) pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan pada siklus II meningkat menjadi 11 anak (84,62%) pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan 1 anak (7,69%) pada kriteria Berkembang Sangat Baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari indikator mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan, mengajukan pertanyaan, mengkomunikasikan. Langkah-langkah yang dilakukan guru adalah 1) guru mendemonstrasikan cara bereksperimen warna, 2) anak melakukan kegiatan eksperimen warna, 3) anak bercerita mengenai kejadian saat bereksperimen warna, 4) anak diberi dukungan dan reward. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen warna dapat meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains pada anak Kelompok B di TK ABA I Imogiri. Kata Kunci : keterampilan proses sains, metode eksperimen warna

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:56
Last Modified: 07 Sep 2020 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68878

Actions (login required)

View Item View Item