UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOTTO PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DIKELOMPOK A RA MUSLIMAT BENDUNGAN

Mu’anits, Mitsali (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOTTO PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DIKELOMPOK A RA MUSLIMAT BENDUNGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS Muanits Mitsali 16111241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media lotto di Kelompok A RA Muslimat Bendungan. Dalam penelitian yang dinilai adalah mengenal lambang bilangan 1-10 dan dilatarbelakangi kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 yang masih terbolak-balik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah semua anak Kelas A RA Muslimat Bendungan Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 20 anak. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dianggap berhasil apabila keterampilan anak mengalami peningkatan sebesar 75% dari 20 anak A RA Muslimat Bendungan, yaitu 20 anak yang memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan dapat ditingkatkan melalui media lotto. Tindakan yang diterapkan yaitu untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usai 4-5 tahun yaitu: 1. Guru menyampaikan kegiatan secara berulang-ulang, 2. Guru memberikan kegiatan yang bervariasa yang berbeda dari kegiatan sebelumnya, 3. Pemberian reward setelah kegiatan. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan anak ditunjukkan dengan data dari penelitian pratindakan, di mana anak yang mencapai presentase sebesar 47,5% mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 11,66% menjadi 59,16% dan pelaksanaan Siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,75% menjadi 77,91%. Kata kunci: mengenal lambang bilangan, lotto

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:53
Last Modified: 07 Sep 2020 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68877

Actions (login required)

View Item View Item