KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS DALAM BEREKSPERIMEN SAINS PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK IBNUL QOYYIM

Khusnun Amalia, Muthia (2020) KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS DALAM BEREKSPERIMEN SAINS PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK IBNUL QOYYIM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI KHUSNUN REVISI JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan berpikir kritis dalam berseksperimen sains pada anak kelompok A1 di TK Ibnul Qoyyim. Pada era ini kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi yang penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan berpikir kritis anak adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan pendidik dalam menyampaikan pembelajaran agar tujuan tercapai dengan optimal. Metode pembelajaran eksperimen sains merupakan metode yang tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak, karena dalam metode tersebut melibatan anak dalam kegiatan berpikir dan membangun konsep pengetahuan sendiri melalui inderanya, sehingga aspek berpikir kritis anak yang diantaranya mengajukan pertanyaan mendalam, bersudut pandang, berpikir rasional dan menganalisis dapat dikembangkan sejak usia dini. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan single-subject experimental designs (desain eksperimen subjek tunggal). Desain yang digunakan adalah pola A-B-A yang menggambarkan tiga tahap atau baseline. Baseline pertama (A) adalah kondisi awal sebelum diberikan treatment atau perlakuan, baseline kedua (B) merupakan kondisi perlakuan dan baseline ketiga (A2) menunjukkan kondisi subjek sesudah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 di TK Ibnul Qoyyim dengan usia 4-5 tahun yang berjumlah 23 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara menggunakan pedoman instrumen penelitian yang berupa lembar rating schale. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskritptif dan uji binomial satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan berpikir kritis dalam bereksperimen sians pada anak keompok A1 di TK Ibnul Qoyyim. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji binomial pada baseline 1 diperoleh nilai exact Sig (2-tailed) = 1,0 > 0,05 dan baseline 2 diperoleh nilai exact Sig (2-tailed) = 0< 0,05. Berdasarkan proses uji hipotesis yang telah dipaparkan, maka diperoleh Hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti rata-rata kemampuan berpikir kritis anak pada baseline 2 lebih besar jika dibandingkan dengan rata-rata pada baseline 1 maupun baseline 3. Dengan demikian hasil penelitian ini adalah terdapat kecenderungan berpikir kritis dalam bereksperimen sains pada anak kelompok A1 di TK Ibnul Qoyyim, Berbah, Sleman. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, metode eksperimen sains, anak kelompok A1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:50
Last Modified: 07 Sep 2020 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68876

Actions (login required)

View Item View Item