Saputro, Rahman Dwi and Hariyanto, Didik (2014) Keefektifan Project Based Learning untuk Peningkatan Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronik di SMK Negeri Pleret. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro (SNPTE) 2014. ISSN 0216-034X
|
Text
Keefektifan Project Based Learning untuk Peningkatan Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronik - SNPTE 2014.pdf Download (450kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi belajar siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL di SMK Negeri 1 Pleret berjumlah 64 siswa. Analisis data dalam penelitian ini dengan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pencapaian kompetensi belajar siswa aspek kognitif (thitung= 4,110> ttabel= 1,998 dan sig=0,000), afektif (thitung= 4,023 > ttabel= 1,998 dan sig=0,000) dan psikomotor (thitung= 2,421 > ttabel= 1,998 dan sig=0,000) yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Didik Hariyanto |
Date Deposited: | 05 Sep 2020 12:43 |
Last Modified: | 05 Sep 2020 12:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |