Keefektifan Project Based Learning untuk Peningkatan Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronik di SMK Negeri Pleret

Saputro, Rahman Dwi and Hariyanto, Didik (2014) Keefektifan Project Based Learning untuk Peningkatan Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronik di SMK Negeri Pleret. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro (SNPTE) 2014. ISSN 0216-034X

[img]
Preview
Text
Keefektifan Project Based Learning untuk Peningkatan Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronik - SNPTE 2014.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi belajar siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL di SMK Negeri 1 Pleret berjumlah 64 siswa. Analisis data dalam penelitian ini dengan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pencapaian kompetensi belajar siswa aspek kognitif (thitung= 4,110> ttabel= 1,998 dan sig=0,000), afektif (thitung= 4,023 > ttabel= 1,998 dan sig=0,000) dan psikomotor (thitung= 2,421 > ttabel= 1,998 dan sig=0,000) yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Didik Hariyanto
Date Deposited: 05 Sep 2020 12:43
Last Modified: 05 Sep 2020 12:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68869

Actions (login required)

View Item View Item