Efektivitas Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) Terhadap Penguasaan Kompetensi Pada Mata Pelajaran Dasar–Dasar Kelistrikan di SMK Taman Karya Madya Kebumen

Pramono, Bonggo and Hariyanto, Didik (2014) Efektivitas Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) Terhadap Penguasaan Kompetensi Pada Mata Pelajaran Dasar–Dasar Kelistrikan di SMK Taman Karya Madya Kebumen. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro (SNPTE) 2014. ISSN 0216-034X

[img]
Preview
Text
Efektivitas Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) Terhadap Penguasaan Kompetensi Pada Mata Pelajaran Dasar–Dasar Kelistrikan - SNPTE 2014.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pencapaian ranah kognitif antara model pembelajaran IBL dengan model pembelajaran konvensional; (2) perbedaan pencapaian ranah afektif antara model pembelajaran IBL dengan model pembelajaran konvensional; (3) perbedaan pencapaian ranah psikomotorik antara model pembelajaran IBL dengan model pembelajaran konvensional; (4) efektivitas pembelajaran IBL dalam meningkatkan penguasaan kompetensi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subjek Penelitian yaitu siswa SMK Taman Karya Madya Kebumen sejumlah 80 siswa dari Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Siswa dibagi kedalam dua kelas, kelas kontrol dan eksperimen. Kelas kontrol dengan modul dan kelas eksperimen dengan multimedia interaktif dan media model. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran IBL dengan rerata sebesar 80,80 dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dengan rerata sebesar 72,60 dan thitung = -4,31 < ttabel = -1,99; (2) terdapat perbedaan hasil belajar ranah afektif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran IBL dengan rerata sebesar 83,87 dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dengan rerata sebesar 76,00 dan thitung= -9,35 < ttabel= -1,99; (3) terdapat perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran IBL dengan rerata sebesar 83,67 dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dengan rerata sebesar 80,87 dan thitung= -3,05 < ttabel= -1,99; (4) penggunaan model pembelajaran IBL efektif dalam meningkatkan kompetensi belajar siswa dengan gain score sebesar 0,65 dengan kategori sedang.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Didik Hariyanto
Date Deposited: 05 Sep 2020 12:38
Last Modified: 05 Sep 2020 12:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68868

Actions (login required)

View Item View Item