IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 SD SE- KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Aditya, Alvian (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 SD SE- KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_alvian aditya_17604221033.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran PJOK pada masa pandemi COVID-19 SD se-Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK SD se-Kecamatan Moyudan yang berjumlah 21. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk angket google form melalui aplikasi whatsapp. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran PJOK pada masa pandemi Covid-19 SD se-Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 16 responden berkategori “sangat baik” sebesar (76%) memiliki kemampuan mengoprasikan alat pembelajaran. 16 responden berkategori “sangat baik” sebesar (76%) memiliki kemampuan menyajikan materi pembelajaran. 16 responden berkategori “sangat baik” sebesar (76%) memiliki kemampuan merencanakan pembelajaran. 13 responden berkategori “sangat baik” sebesar (62%) tetap menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran PJOK. 10 responden berkategori “sangat baik” sebesar (48%) mampu mengimplementasikan pendahuluan pembelajaran. 13 responden berkategori “sangat baik” sebesar (62%) mampu mengimplementasikan inti pembelajaran. 13 responden berkategori “sangat baik” sebesar (62%) mampu mengimplementasikan penutup pembelajaran. 14 responden berkategori “kurang baik” sebesar (67%) terkendala proses pembelajaran.15 responden berkategori “sangat baik” sebesar (71%) tetap mengevaluasi pembelajaran. 12 responden berkategori “sangat baik” sebesar (57%) mampu menindak lanjuti pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan tentang implementasi pembelajaran PJOK pada masa pandemi COVID-19 di SD se-Kecamatan Moyudan kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PJOK, pembelajaran daring, COVID-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:18
Last Modified: 22 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68837

Actions (login required)

View Item View Item