PANDANGAN SISWA SMP DI KOTA YOGYAKARTA TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH

Parluhutan, Talitha Paramasatya (2021) PANDANGAN SISWA SMP DI KOTA YOGYAKARTA TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_talitha paramasatya parluhutan_15601244009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pandangan Siswa SMP di Kota Yogyakarta terhadap Pendidikan Jasmani di Sekolah. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara mendalam guna memperoleh data yang jelas mengenai fokus permasalahan. Aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga data yang diperoleh jenuh. Aktivitas dalam analisis meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Partisipan yang diwawancara berjumlah 9 orang siswa SMP. Partisipan dalam penelitian ini terbagi menjadi 3 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan yang berusia 15-16 tahun. Dari hasil wawancara mendalam, ditemukan bahwa siswa SMP di Kota Yogyakarta memandang pendidikan jasmani sebagai pelajaran yang menggunakan praktik olahraga dalam proses pembelajarannya, pendidikan jasmani dipandang sebagai pelajaran yang menjadikan tubuh sehat, serta dipandang sebagai pelajaran yang dapat menghibur siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pandangan, pendidikan jasmani, siswa SMP Kota Yogyakarta
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:49
Last Modified: 21 Oct 2021 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68830

Actions (login required)

View Item View Item