EFEKTIVITAS KOMBINASI RICE, MASASE, DAN TERAPI LATIHAN TERHADAP PERSEPSI NYERI PASCA CEDERA PERGELANGAN KAKI PADA PEMAIN SEPAK BOLA PSST WATES

Wirawan, Wildan Wing (2020) EFEKTIVITAS KOMBINASI RICE, MASASE, DAN TERAPI LATIHAN TERHADAP PERSEPSI NYERI PASCA CEDERA PERGELANGAN KAKI PADA PEMAIN SEPAK BOLA PSST WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Wildan Wing Wirawan_IKOR_UNY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemain sepakbola sering mengalami cedera pergelangan kaki. Cedera pergelangan terjadi karena terkilirnya kaki sehingga robeknya jaringan ikat pada pergelangan kaki. Gejala terjadinya cedera yaitu adanya peradangan atau inflamasi. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui efektivitas kombinasi Rest, Ice, Compressio, Elevation (RICE), masase, dan terapi latihan terhadap persepsi nyeri saat gerakan dorsofleksi, plantarfleksi, inversi, dan eversi sendi pergelangan kaki pasca cedera pergelangan kaki pada pemain PSST Wates (Persatuan Sepak Bola Sekitar Wates). Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain satu kelompok dengan tes awal dan tes akhir (One-Group Pretest-Postest Design). Populasi penelitian ini adalah para pemain PSST Wates. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling dan didapatkan sampel sejumlah 10 orang. Intrumen dalam penelitian yang digunakan adalah numeric rating scale. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis non parametrik Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kombinasi RICE, massage dan terapi latihan menunjukan hasil yang efektif dan siginifikan terhadap penurunan persepsi nyeri pada saat pengukuran gerakan range of movement pergelangan kaki dengan nilai Z hitung nyeri dorsofleksi sebesar -2,816, plantarfleksi sebesar -2,816, inversi sebesar -2,831, eversi sebesar -2,831 dan nilai p = 0,005 pada setiap gerakan. Berdasarkan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas kombinasi RICE, masase dan terapi latihan terhadap penurunan persepsi nyeri pasca cedera pergelangan kaki.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, S.Pd., M.Kes.
Uncontrolled Keywords: cedera
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Aug 2020 09:45
Last Modified: 31 Aug 2020 09:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68823

Actions (login required)

View Item View Item