HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN AKTIVITAS JASMANI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 DEPOK

Itsnaini, Sofiana Nur (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN AKTIVITAS JASMANI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 DEPOK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media digital dan aktivitas jasmani peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survei dengan instrumen berupa angket, teknik pengumpulan data pada instrumen penggunaan media digital menggunakan angket dengan 24 butir soal dan aktivitas jasmani menggunakan angket dengan 14 butir soal. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 3 Depok Sleman tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 140 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Total sampel sebanyak 140 peserta didik. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment pada taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan diperoleh nilai dengan rx.y = -0,561 > r(0.05)(140) = 0,165 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media digital dan aktivitas jasmani peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Depok Sleman. Berdasarkan analisis tersebut di atas diperoleh koefisien korelasi antara penggunaan media digital dan aktivitas jasmani sebesar -0,561 (arahnya negatif), artinya semakin tinggi penggunaan media digital, maka semakin rendah aktivitas jasmaninya. Namun sebaliknya jika dalam penggunaan media digital rendah maka akan berbanding terbalik dengan aktivitas jasmaninya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: aktivitas jasmani, media digital
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:45
Last Modified: 31 Aug 2020 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68820

Actions (login required)

View Item View Item