PERBEDAAN TINGKAT AKTIVITAS JASMANI ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN GAME ONLINE DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Pratama, Privindo Meiditya (2020) PERBEDAAN TINGKAT AKTIVITAS JASMANI ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN GAME ONLINE DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Revisi 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat aktivitas jasmani antara siswa yang menggunakan dan siswa yang tidak menggunakan game online di SMP Negeri 1 Yogyakarta dan untuk mengetahui tingkat aktivitas jasmani siswa manakah yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 774 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling diperoleh 380 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang menggambarkan tentang penggunaan game online dan aktivitas jasmani siswa. Instrumen yang dibuat terdiri dari 17 item soal dengan validitas sebanyak 14 item dan reliabilitas sebesar 0.574. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan uji beda (t-test) dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 3.844 dengan signifikansi (0.000) < 0.05. Artinya terdapat perbedaan aktivitas jasmani yang signifikan antara siswa yang menggunakan dan siswa yang tidak menggunakan game online. Kemudian hasil penelitian juga menunjukan bahwa nilai mean siswa yang menggunakan game online sebesar 38.7403 > 33.7383 nilai mean yang tidak menggunakan game online. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas jasmani yang signifikan antara siswa yang menggunakan dan siswa yang tidak menggunakan game online di SMP Negeri 1 Yogyakarta, kemudian siswa yang menggunakan game online tingkat aktivitas jasmaninya lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan game online.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Jasmani, Game Online.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:10
Last Modified: 28 Aug 2020 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68812

Actions (login required)

View Item View Item