PERBEDAAN MINAT SISWA KELAS VIII DI INDONESIA DAN FILIPINA DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET

Marthaliani, Anggie (2020) PERBEDAAN MINAT SISWA KELAS VIII DI INDONESIA DAN FILIPINA DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Revisi 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, siswa kelas VIII di Capiz National High School, Filipina memiliki kesempatan belajar saat pembelajaran bola basket lebih banyak yaitu 60/hari menit dalam seminggu dibandingkan dengan pembelajaran bola basket di SMPN 8 Yogyakarta, Indonesia yang hanya 120 menit tiap minggunya. Selain itu, permainan bola basket di Filipina saat masa Kolonial Amerika memasukkan permainan bola basket ke dalam sistem pendidikan menyebar dengan sangat pesat dibandingkan dengan penyebaran permainan bola basket di Indonesia yang lambat karena hanya dimainkan oleh komunitas Tionghoa. Atas dasar pemikiran tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui perbedaan minat siswa kelas VIII di Indonesia dan Filipina dalam pembelajaran bola basket dan membuktikan bahwa minat siswa kelas VIII di Filipina lebih unggul dibandingkan dengan siswa kelas VIII di Indonesia dalam pembelajaran bola basket. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di SMPN 8 Yogyakarta, Indonesia dan Capiz National High School, Filipina dengan jumlah sampel keseluruhan 161 peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari 34 pernyataan dengan nilai korelasi (r-hitung) 0,545 dan nilai reliabilitas sebesar 0,931. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis berupa Independent Sample T-Test. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan bahwa nilai p = 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung (10.137) > t-tabel (1.65449). Maka hal ini menunjukkan terdapat perbedaan minat antara siswa kelas VIII di Indonesia dengan siswa kelas VIII di Filipina dalam pembelajaran bola basket. Minat siswa kelas VIII di Filipina lebih unggul dibandingkan dengan siswa kelas VIII di Indonesia dalam pembelajaran bola basket.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Siswa, Indonesia, Filipina, Pembelajaran, Bola Basket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:34
Last Modified: 28 Aug 2020 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68810

Actions (login required)

View Item View Item