HAMBATAN MAHASISWA FIK UNY PJKR B ANGKATAN 2018 SAAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN RENANG

Nisa, Nurul Khuluqi Khoirun (2020) HAMBATAN MAHASISWA FIK UNY PJKR B ANGKATAN 2018 SAAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN RENANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Revisi 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang menyebabkan mahasiswa PJKR kelas b angkatan 2018 fakultas ilmu keolahragaan UNY mengalami kesulitan saat mengikuti pembelajaran renang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa PJKR kelas b angkatan 2018 yang belum lulus mata kuliah renang. teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu hasil wawancara dengan dosen pengampu, teman terdekat, dan dokumentasi saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang menyebabkan mahasiswa kesulitan saat mengikuti pembelajaran renang, yaitu: (1) Faktor internal pada indikator psikologis diantaranya adanya rasa takut atau cemas saat melakukan gerakan renang didalam air. (2) Faktor eksternal pada indikator lingkungan seperti cuaca panas dan suasana perkuliahan yang sangat ramai oleh umum.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Subagyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Aug 2020 08:52
Last Modified: 27 Aug 2020 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68807

Actions (login required)

View Item View Item