PERBEDAAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KOHESIVITAS PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER HIZBULWATHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Pratama, Yoga (2020) PERBEDAAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KOHESIVITAS PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER HIZBULWATHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
full text.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri dan kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dengan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler hizbul wathan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif yang dilaksanakan pada bulan April 2020. Pengumpulan data menggunakan teknik survei menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang berjumlah 120 peserta didik. Sampel uji coba penelitian ini adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 30 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri dan kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler hizbul wathan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan 48 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri dan kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler hizbul wathan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t diperoleh t hitung = 3,061 dan t tabel = 1,657, sehingga t hitung > t tabel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, Kohesivitas, Ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:36
Last Modified: 26 Aug 2020 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68799

Actions (login required)

View Item View Item