ANALISIS GERAK FREE THROW TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN MENEMBAK PADA MAHASISWA KEPELATIHAN OLAHRAGA CABANG OLAHRAGA BOLA BASKET TAHUN 2019

Hexa Mc, Yohana Antida (2020) ANALISIS GERAK FREE THROW TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN MENEMBAK PADA MAHASISWA KEPELATIHAN OLAHRAGA CABANG OLAHRAGA BOLA BASKET TAHUN 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT SKRIPSI - YOHANA ANTIDA HEXA MC.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis gerak free throw dengan konsep BEEF (balance, eye, elbow, follow through). Berdasarkan pengamatan sebagian besar mahasiswa kepelatihan bola basket Angkatan 2019 dalam penguasaan teknik free throw belum sepenuhnya menggunakan teknik yang benar, elbow terlalu terbuka, kesulitan mengontrol keseimbangan saat free throw, ketika Follow through pergelangan tangan mengikuti ke arah ring masih jarang sekali di lakukan. Maka dari itu penulis berusaha menganalisis gerakan free throw. Untuk mengetahui gerakan menembak yang benar, penulis mecoba menggunakan sistem analisis perangkat lunak Kinovea video analysis software, dengan mengambil video free throw lalu di edit dengan software Kinovea video analysis untuk di kaji gerakan dan teknik dasar free throw. Penelitian menggunakan metode deskriptif analisis. Penelitian analisis deskriptif adalah suatu jenis penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki keadaan, kondisi, yang hasilnya dipaparkan dalam laporan penelitian (Arikunto, 2010: 3). Penelitian ini bertujuan menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat dipahami lebih mudah. Hasil penelitian didapatkan mahasiswa kepelatihan bola basket Universitas Negeri Yogyakarat saat melakukan gerakan Balance (keseimbangan) didapatkan rata-rata besarnya sudut tungkai sebesar 112,75°, Elbow (Sudut Siku) didapatkan rata-rata besarnya sudut tungkai sebesar 98,34º, Eye (pandangan mata) pemain dengan cepat mampu mengkoordinasikan letak ring, dan pada gerakan Follow throught (gerak lanjutan). Hasil penilitian dapat di simpulkan analisis gerak free throw dapat meningkat keberhasilan menembak melalui konsep BEEF secara signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Budi Aryanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bola basket
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:01
Last Modified: 25 Aug 2020 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68792

Actions (login required)

View Item View Item