MANAJEMEN ORGANISASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) PENCAK SILAT UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Amani, Nadia (2021) MANAJEMEN ORGANISASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) PENCAK SILAT UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi Nadia Amani.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen organisasi UKM Pencak Silat UNY dalam masa pandemi covid-19, apa saja kesulitan yang dihadapi serta bagaimana cara mengatasi keadaan tersebut agar dapat dijadikan pembelajaran untuk kedepannya mengingat adanya pandemi yang bersifat global yaitu covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah DPO(Dewan Pertimbangan Organisasi), Pengurus dan Atlet UKM Pencak Silat UNY, adapun teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling dengan kriteria (1) sample merupakan anggota UKM Pencak Silat, (2) sampel merupakan anggota UKM yang aktif dalam organisasi, (3) sample merupakan atlet yang pernah mewakili UKM dalam kejuaraan, (4) bersedia mengisi angket yang diberikan yang berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket tertutup yang disusun menggunakan skala likert yaitu dengan skor 1 sampai 4. Sebelumnya telah dilakukan uji coba dengan uji validitas menggunakan rumus product moment, dan reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dan diperoleh hasil koefisien sebesar 0,892. Teknis analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta berada pada kategori “Sangat Baik” sebesar 42%, kategori “Baik” sebesar 54%, kategori “Cukup” sebesar 4%, sedangkan kategori “Kurang” dan “Sangat Kurang” sebesar 0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen UKM Pencak Silat UNY berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Agung Nugroho A.M., M.Si.
Uncontrolled Keywords: manajemen organisasi, UKM, pencak silat
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 19 Oct 2021 05:42
Last Modified: 06 Dec 2021 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68786

Actions (login required)

View Item View Item