KESULITAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD/MI PADA MASA PANDEMI COVID-19 SE-KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG

Sholichatun, Wahyu (2021) KESULITAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD/MI PADA MASA PANDEMI COVID-19 SE-KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_wahyu sholichatun_17604224032.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesulitan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI pada masa pandemi Covid-19 se-kecamatan Dukun kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI kecamatan Dukun kabupaten Magelang sebanyak 19 guru. Data yang dikumpulkan menggunakan data kuesioner. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian kesulitan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI pada masa pandemi Covid-19 se-Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang termasuk dalam kategori Tinggi (53%). Faktor Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran PJOK dengan indikator mengadakan pembelajaran menunjukkan hasil (74%) termasuk dalam kategori rendah dan persiapan pelaksanaan pembelajaran PJOK pada masa Pandemi menunjukkan hasil (47%) dalam kategori sedang. Faktor Pelaksanaan Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 dengan indikator metode pembelajaran yang digunakan oleh guru menunjukkan hasil (58%) dalam kategori sedang, media yang digunakan menunjukkan nilai (68%) dengan kategori sedang, dan penguasan materi bagi guru menunjukkan hasil (47%) termasuk dalam kategori tinggi. Faktor Evaluasi Pembelajaran dengan indikator keaktifan siswa menunjukkan hasil (42%) dalam kategori sedang, kesulitan atau hambatan pelaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil (37%) dalam kategori sangat tinggi, dan indikator pengambilan nilai menunjukkan hasil (47%) termasuk dalam kategori rendah. Untuk itu diperlukan peningkatan guru PJOK agar pembelajaran di masa pandemi dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kesulitan, pembelajaran PJOK, Covid-19
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Oct 2021 09:08
Last Modified: 18 Oct 2021 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68770

Actions (login required)

View Item View Item