EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN OLAHRAGA PENCAK SILAT PADA ATLET PEKAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH (POPDA) KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2019

Ariyanto, Danar (2020) EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN OLAHRAGA PENCAK SILAT PADA ATLET PEKAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH (POPDA) KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Danar_Revisi Akhir 4 agustus 2020.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan tidak adanya peningkatan prestasi yang dicapai pesilat Kabupaten Gunungkidul jika dibandingkan dengan Kabupaten lain di DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pembinaan olahraga pencak silat pada atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang didukung dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang valid. Populasi pada penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan atlet pencak silat di Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 40 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan subyek 4 orang pengurus, 3 orang pelatih dan atlet pencak silat yang berjumlah 18 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan Olahraga Pencak Silat pada Atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) di Kabupaten Gunungkidul tahun 2019 berkategori “sangat kurang” sebesar 8%, kategori “kurang” sebesar 24,00%, kategori “sedang” sebesar 36,00%, kategori “baik” sebesar 20,000%, kategori “sangat baik” sebesar 12,00%. (2) Faktor Endogen berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 4,00%, kategori “kurang” sebesar 24,00%, kategori “sedang” 48,00%, kategori “baik” sebesar 12,00%, kategori “sangat baik” sebesar 12,00%. (3) Faktor Eksogen berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 8%, kategori “kurang” sebesar 28,%, kategori “sedang” sebesar 40%, kategori “baik” sebesar 20%, kategori “sangar baik” sebesar 4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program pembinaan olahraga, POPDA.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:50
Last Modified: 18 Aug 2020 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68768

Actions (login required)

View Item View Item