TINGKAT KETERAMPILAN SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA DI SMP NEGERI 1 BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

Prasetyadi, Vincentius Bambang (2020) TINGKAT KETERAMPILAN SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI PUTRA DI SMP NEGERI 1 BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_BAMBANG.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bermain bola voli peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Borobudur. Keterampilan bermain bola voli dalam penelitian ini terdiri atas, passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, dan smash. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Borobudur yang berjumlah 16 siswa laki-laki yang diambil berdasarkan teknik total sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan bermain bola voli dari Departemen Pendidikan Nasional, 1999 yang terdiri atas keterampilan passing bawah, passing atas, servis atas, dan smash bolavoli. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bermain bola voli peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Borobudur berada pada kategori “kurang sekali” sebesar 0% (0 orang), “kurang” sebesar 6,25% (1 orang), “sedang” sebesar 87,50% (14 orang), “baik” sebesar 6,25% (1 orang), dan “baik sekali” sebesar 0% (0 orang). Dapat disimpulkan bahwa keterampilan bermain bola voli peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Borobudur dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, bermain bola voli, SMP Negeri 1 Borobudur
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:19
Last Modified: 18 Aug 2020 06:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68764

Actions (login required)

View Item View Item