Utami, Tri and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) Berbasis Android dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan HOTS dan Toleransi Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan interactive physics mobile learning media (IPMLM) berbasis android dengan pendekatan scaffolding pada materi karakteristik gelombang mekanik yang layak untuk meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) dan toleransi siswa SMA; 2) Mengetahui efektivitas penggunaan interactive physics mobile learning media berbasis android dengan pendekatan scaffolding dalam meningkatkan higher order thinking skills dan toleransi siswa SMA. Desain penelitian adalah research and development (R & D) dengan model 4-D (defining, designing, developing, disseminating). Subjek penelitian terbagi menjadi 3 kelas eksperimen dengan jumlah 95 siswa dan 86 siswa kelas kontrol di kelas XI IPA dari SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 4 Kota Bima. Produk-produk yang dikembangkan yakni aplikasi interactive physics mobile learning media (IPMLM), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik, angket respon peserta didik terhadap media dan kegiatan pembelajaran serta lembar validasi dan kelayakan produk. Instrumen evaluasi yang dikembangkan adalah instrumen tes higher order thinking skill berupa soal pilihan ganda beralasan dan angket toleransi. Teknik analisis data uji coba soal menggunakan analisis item response theory dengan bantuan program QUEST dan PARSCALE. Data hasil uji luas dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial dilakukan dengan menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aplikasi interactive physics mobile learning media berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding pada materi karakteristik gelombang mekanik dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan higher order thinking skill dan toleransi siswa; 2) penggunaan interactive physics mobile learning media ((IPMLM)) berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding efektif dalam meningkatkan higher order thinking skill dan toleransi siswa SMA.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) berbasis android, Higher Order Thinking Skill, Pendekatan Scaffolding, Toleransi. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 04:47 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 04:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68759 |
Actions (login required)
View Item |