UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN DAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI OLAHRAGA DI FITNESS CENTER HEALTH AND SPORT CENTER FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Fitri, Nur Ainul (2020) UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN DAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI OLAHRAGA DI FITNESS CENTER HEALTH AND SPORT CENTER FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NAF FINAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fitness Health and Sport Center FIK UNY merupakan pusat aktivitas fisik yang berperan sebagai upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani. Olahraga tersebut harus dilakukan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang diinginkan member dalam upaya penigkatan kesehatan & kebugaran dan hasil yang didapatkan oleh member setelah mengikuti program latihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan panduan wawancara secara online, observasi, pustaka dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh member fitness center HSC FIK UNY dalam periode Januari- Maret yang bersedia mengisi panduan wawancara dan didapatkan sejumlah 46 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa member Fitness Health and Sport Center FIK UNY melakukan olahraga untuk meningkatkan kesehatan sebesar 65% dan meningkatkan kebugaran sebesar 35% dari program latihan yaitu program penurunan berat badan (fat lose), program pembentukan tubuh (body shaping), kesehatan fisik (physical fitness), penambahan berat badan (weight gain), penambahan masa otot (body building), program weight training dan program strenght. Disimpulkan bahwa upaya dari hasil tersebut dapat diketahui berdasarkan faktor yang mempangaruhi keberhasilan jalannya program dan manfaat yang didapatkan setelah menjalankan program latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan, Kebugaran Jasmani, Olahraga, Fitness Center HSC UNY
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:27
Last Modified: 12 Aug 2020 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68736

Actions (login required)

View Item View Item