Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) Berbasis Android dengan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding untuk Meningkatkan HOTS dan Psikomotor Siswa SMA.

Ardiyati, Tiara Kusuma and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) Berbasis Android dengan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding untuk Meningkatkan HOTS dan Psikomotor Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding yang layak untuk meningkatkan HOTS dan psikomotor siswa SMA; 2) mengetahui efektivitas implementasi IPMLM berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding terhadap peningkatan HOTS dan psikomotor siswa SMA; 3) mendeskripsikan profil HOTS dan psikomotor siswa SMA dalam pembelajaran menggunakan IPMLM berbasis android dengan pendekatan scaffolding. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model 4-D (Defining, Designing, Developing, and Disseminating). Produk-produk yang dikembangkan yaitu aplikasi IPMLM berbasis android, perangkat pembelajaran (RPP, LKS, dan susunan materi ajar), instrumen evaluasi berupa soal HOTS dan lembar observasi psikomotor, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa dan guru, serta instrumen penilaian kelayakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA di 3 SMA di kabupaten Sleman, yaitu MAN 3 Sleman, SMA N 2 Sleman, dan SMA N 1 Pakem. Masing-masing sekolah diambil dua kelas, yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan perhitungan skor rata-rata yang selanjutnya diberi kategori berdasarkan kriteria penilaian ideal, indeks validitas Aiken, item fit parameter INFIT-OUTFIT MNSQ, estimasi item dan case untuk menghitung reliabilitas, fungsi informasi dan SEM, statistik deskriptif, dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini antara lain: 1) telah dihasilkan IPMLM berbasis android yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan pendekatan scaffolding untuk meningkatkan HOTS dan psikomotor siswa SMA; 2) implementasi IPMLM berbasis android dengan pendekatan pembelajaran scaffolding efektif untuk meningkatkan HOTS dan psikomotor siswa SMA, yaitu masing-masing sebesar 76,2% dan 46,6%; 3) hasil pretest HOTS di kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa seluruh siswa berkategori kurang. Kategori hasil posttest HOTS level C4 di kelas eksperimen adalah 56,52% siswa berkategori baik dan 43,48% siswa sangat baik, sedangkan hasil di kelas kontrol yaitu 19,35% siswa berkategori kurang; 73,12% siswa cukup; dan 7,53% siswa baik. Hasil posttest HOTS level C5 di kelas eksperimen adalah 1,09% siswa berkategori cukup; 71,74% siswa baik, dan 27,17% siswa sangat baik. Sementara itu, 2,15% siswa berkategori kurang; 83,87% siswa cukup, dan 13,98% siswa baik di kelas kontrol. Hasil observasi psikomotor di kelas eksperimen menunjukkan pretest adalah 83,70 dan posttest adalah 95,92 pada aspek moving; pretest sebesar 71,74 dan posttest sebesar 89,31 pada aspek manipulating; pretest dan posttest pada aspek communicating adalah 67,39 dan 90,76; serta pretest sebesar 61,23 dan posttest sebesar 95,83 pada aspek creating. Sementara itu, hasil observasi psikomotor di kelas kontrol menunjukkan bahwa pretest sebesar 66,67 dan posttest sebesar 84,14 pada aspek moving; pretest dan posttest adalah 73,12 dan 61,11 pada aspek manipulating; pretest dan posttest pada aspek communicating adalah 72,26 dan 78,49; serta pretest dan posttest sebesar 56,45 dan 76,34 pada aspek creating.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: IPMLM berbasis android, pendekatan scaffolding, HOTS, psikomotor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Aug 2020 07:48
Last Modified: 10 Oct 2023 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68719

Actions (login required)

View Item View Item