Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Local Wisdom Pada Pembelajaran Outdoor Learning Melalui Project untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA.

Sulastriningsih, Nita Mei and Mundilarto, Mundilarto (2020) Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Local Wisdom Pada Pembelajaran Outdoor Learning Melalui Project untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-book fisika berbasis local wisdom yang layak untuk peserta didik SMA kelas XI IPA, dan (2) mendeskripsikan keefektifan e-book fisika berbasis local wisdom dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas XI IPA. Materi fisika yang digunakan pada penelitian ini adalah gelombang bunyi terkait pipa organa, intensitas, dan efek doppler. Metode penelitian ini berdasarkan ada model pengembangan 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah 200 peserta didik kelas XI IPA dari beberapa SMAN Klaten tahun ajaran 2018/2019 untuk uji empiris, dan 90 peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Cawas tahun ajaran 2018/2019 untuk uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari instrument tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Instrument non tes berupa lembar penilaian observasi keterampilan proses, angket penilaian kelayakan produk, angket telaah instrument tes dan angket respon peserta didik. Kelayakan produk diuji menggunakan skala baku, sedangkan kevalidan instrument soal menggunakan Aiken V dan analisis butir menurut teori respon butir. Teknik analisis uji efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses peserta didik menggunakan generalized linear model (GLM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) produk e-book fisika berbasis local wisdom yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan pada penilaian materi dan media menurut para ahli, praktisi dan teman sejawat dengan kategori sangat baik, (2) produk e-book fisika berbasis local wisdom efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan nilai partial eta square (sumbangan efektif) 85% dan keterampilan proses dengan nilai partial eta square (sumbangan efektif) 81% .

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-book fisika, local wisdom, kemampuan berpikir kreatif, Keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:11
Last Modified: 11 Aug 2020 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68718

Actions (login required)

View Item View Item