PENGARUH LATIHAN MERAIH BOLA TERHADAP PRESTASI LOMPAT JAUH SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ATLETIK SMPN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020

Inentaka, Randi Agam (2020) PENGARUH LATIHAN MERAIH BOLA TERHADAP PRESTASI LOMPAT JAUH SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER ATLETIK SMPN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RANDI AGAM INENTAKA_16601241035.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari program latihan meraih bola terhadap peningkatan prestasi lompat jauh pada Siswa di SMPN 3 bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah atlet atletik berjumlah 20 siswa di SMP Negeri 3 Bantul. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 20 orang. Perlakuan (treatment) dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan, dan pengambilan pengukuran pre-test dan post-test dilakukan dengan tes lompat jauh dengan satuan meter (m). Instrumen pengambilan data menggunakan tes lompat jauh gaya jongkok. Adapun teknik analisis data Penghitungan uji normalitas ini menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov dengan pengolahan menggunakan bantuan komputer program SPSS 20, Uji homogenitas berguna untuk menguji kesamaan sampel yaitu seragam atau tidak varian sampel yang diambil dari populasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan meraih bola terhadap prestasi lompat jauh siswa SMP Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020, pada saat pretest mempunyai rata-rata sebesar 3,43 meter dan meningkat pada saat posttest sebesar 3,53 meter setelah diberikan latihan meraih bola selama 12 kali pertemuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan meraih bola dapat meningkatkan prestasi lompat jauh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Latihan, Prestasi, Lompat jauh
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:24
Last Modified: 10 Aug 2020 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68716

Actions (login required)

View Item View Item