PENGARUH LATIHAN MULTIPLE JUMP TERHADAP PENINGKATAN KOMPONEN BIOMOTOR ATLET PENCAK SILAT DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Tegar Satya Haprabu, Tegar Satya Haprabu (2020) PENGARUH LATIHAN MULTIPLE JUMP TERHADAP PENINGKATAN KOMPONEN BIOMOTOR ATLET PENCAK SILAT DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TEGAR SATYA HAPRABU Revisi UPLOAD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model latihan multiple jump terhadap peningkatan kemampuan komponen biomotor kekuatan perut, kekuatan punggung, kecepatan, kelincahan dan power tungkai atlet pencak silat di Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini atlet pencak silat Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah atlet pencak silat Universitas Negeri Yogyakarta berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah sprint 30 meter untuk kecepatan, back up untuk kekuatan punggung, sit up untuk kekuatan perut, standing board jump untuk power tungkai dan shuttle run untuk kelincahan. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model latihan multiple jump terhadap kemampuan komponen biomotor atlet pencak silat di Universitas Negeri Yogyakarta dengan persentase kekuatan perut sebesar 46,22%, kekuatan punggung sebesar 34,04%, kecepatan sebesar 4,24%, kelincahan sebesar 6,36%, dan power tungkai sebesar 9,14%. Dapat disimpulkan bahwa latihan multiple jump dapat meningkatkan kemampuan komponen biomotor atlet pencak silat di Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan, multiple jump, biomotor
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:25
Last Modified: 10 Aug 2020 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68709

Actions (login required)

View Item View Item