TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PRODI PJKR PESERTA PLP UNY TAHUN 2019 TERHADAP RUBRIK PENILAIAN ANALITIK YANG DIGUNAKAN GURU PJOK

Abdillah, Fajar (2020) TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PRODI PJKR PESERTA PLP UNY TAHUN 2019 TERHADAP RUBRIK PENILAIAN ANALITIK YANG DIGUNAKAN GURU PJOK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FAJAR ABDILLAH_16601241125.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa prodi PJKR peserta PLP UNY tahun 2019 terhadap rubrik penilaian analitik kurikulum 2013 di sekolah yang digunakan guru PJOK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada bulan Mei 2020. Pengumpulan data menggunakan teknik survei dengan tes pengetahuan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A, B, D, dan E prodi PJKR 2016 FIK UNY yang mengikuti PLP tahun 2019 dengan jumlah total 149. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa.Prodi PJKR 2016 kelas D dengan jumlah responden 33 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen pilihan ganda yang terdiri atas 15 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase, yang terbagi dalam 5 kategori yaitu kategori sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara umum tingkat pengetahuan mahasiswa prodi PJKR peserta PLP UNY tahun 2019 terdapat Rubrik Penilaian Analitik yang digunakan guru PJOK adalah sebagai berikut, yaitu sebanyak sebanyak 5 orang (15%) mempunyai pengetahuan sangat baik, sebanyak 2 orang (6%) mempunyai pengetahuan baik, sebanyak 13 orang (39%) mempunyai pengetahuan cukup, sebanyak 13 orang (39%) mempunyai pengetahuan kurang, dan sebanyak 0 orang (0%) mempunyai pengetahuan sangat kurang. Frekuensi terbanyak terletak pada dua kategori yaitu kategori cukup dan kategori kurang, sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar tingkat pengetahuan mahasiswa Prodi PJKR peserta PLP UNY tahun 2019 terhadap rubrik penilaian analitik yang digunakan guru PJOK adalah memiliki pengetahuan cukup dan pengetahuan yang masih kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, mahasiswa PJKR, penilaian analitik, kurikulum 2013
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Aug 2020 08:12
Last Modified: 06 Aug 2020 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68693

Actions (login required)

View Item View Item