TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJAS DALAM MENILAI RANAH AFEKTIF BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO

Aisaturohmah, Aisaturohmah (2020) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJAS DALAM MENILAI RANAH AFEKTIF BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
AISATUROHMAH SKRIPSI FIX. - Copy - Copy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru penjas dalam menilai ranah afektif berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh guru penjas se Kecamatan Galur yang berjumlah 17 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrument pilihan ganda yang terdiri atas 15 pertanyaan. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase, yang terbagi dalam 5 kategori yaitu kategori sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sebanyak 3 orang (17,60%) mempunyai kemampuan sangat tinggi, sebanyak 2 orang (11,80%) mempunyai kemampuan tinggi, sebanyak 6 orang (35,30%) mempunyai pemahaman cukup, sebanyak 6 orang (35,30%) mempunyai pemahaman rendah dan dan tidak ada orang (0%) yang mempunyai kemampuan sangat rendah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman guru penjas dalam menilai ranah afektif berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri Kecamatan Galur adalah seimbang antara kategori rendah dan kategori cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, ranah afektif, kurikulum 2013
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Aug 2020 07:55
Last Modified: 06 Aug 2020 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68687

Actions (login required)

View Item View Item