TINGKAT PENGETAHUAN GERAK DASAR RENANG GAYA CRAWL SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KELURAHAN ARGOSARI KECAMATAN SEDAYU TAHUN 2021

Saputri, Dian Wahyu (2021) TINGKAT PENGETAHUAN GERAK DASAR RENANG GAYA CRAWL SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KELURAHAN ARGOSARI KECAMATAN SEDAYU TAHUN 2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dian wahyu saputri_15604221020.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat pengetahuan gerak dasar renang gaya crawl siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Argosari Kecamatan Sedayu tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa tes pilihan ganda dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Argosari Kecamatan Sedayu yang berjumlah 74 anak. Validitas dalam penelitian ini dilakukan oleh dosen ahli kemudian dilakukan analisis butir soal. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,955. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat pengetahuan gerak dasar renang gaya crawl siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Argosari Kecamatan Sedayu tahun 2021 yang terbagi dalam 5 kategori, sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan gerak dasar renang gaya crawl siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Argosari Kecamatan Sedayu tahun 2021 adalah sebagai berikut: sebanyak 28 anak (37,84%) mempunyai tingkat pengetahuan baik, 21 anak (28,38%) mempunyai tingkat pengetahuan cukup, 19 anak (25,68%) mempunyai tingkat pengetahuan kurang, 5 anak (6,76%) mempunyai tingkat pengetahuan sangat kurang, dan 1 anak (1,35%) mempunyai tingkat pengetahuan sangat baik. Frekuensi terbanyak sebesar 37,84%, yaitu pada kategori baik. Dengan demikian tingkat pengetahuan gerak dasar renang gaya crawl siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Argosari Kecamatan Sedayu tahun 2021 adalah baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Subagyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, siswa kelas IV, gerak dasar renang gaya crawl
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:29
Last Modified: 18 Oct 2021 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68679

Actions (login required)

View Item View Item