UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING DAN CONTROL SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BOLA BUMERANG SISWA KELAS V SD NEGERI NGAWEN 1 KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Pangestu, Firman Fidya (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PASSING DAN CONTROL SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BOLA BUMERANG SISWA KELAS V SD NEGERI NGAWEN 1 KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_firman fidya pangestu_17604221037.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran passing dan control sepakbola melalui pendekatan permainan bola bumerang pada siswa kelas V SD Negeri Ngawen 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah hasil pembelajaran passing dan control sepakbola. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ngawen 1 yang berjumlah 18 anak. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh pada siklus I diketahui ketuntasan hasil pembelajaran passing dan control sepakbola melalui pendekatan bola bumerang pada siswa kelas V SD Negeri Ngawen 1 pada siklus I diperoleh yang tuntas sebesar 16,67% (3 anak), sedangkan pada siklus II sebesar 88,89 % (2 anak). Sedangkan hasil rata-rata nilai hasil pembelajaran diketahui pada siklus I sebesar 64,59 pada siklus II sebesar 82,48. Hasil tersebut dapat disimpulkan adanya peningkatkan hasil pembelajaran passing dan control sepakbola melalui pendekatan permainan bola bumerang siswa kelas V SD Negeri Ngawen 1.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hasil pembelajaran, passing dan control sepakbola, pendekatan bola bumerang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:21
Last Modified: 18 Oct 2021 06:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68678

Actions (login required)

View Item View Item