ANALISIS KEBIJAKAN KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA KABUPATEN SLEMAN DALAM PEMBINAAN PEKAN OLAHRAGA DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019

Amalia, Inas Gita (2020) ANALISIS KEBIJAKAN KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA KABUPATEN SLEMAN DALAM PEMBINAAN PEKAN OLAHRAGA DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH TAS FIXX SIAP PRINT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi olahraga dapat berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan menjadi parameter kejayaan bangsa. Oleh karena itu kebijakan-kebijakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai organisasi atau lembaga untuk mengelola dan membina olahraga prestasi akan sangat berpengaruh pada hasil prestasi olahraga. Salah satu prestasi olahraga tingkat daerah yang cukup membanggakan adalah prestasi kontingen Sleman pada Pekan Olahraga Daerah (PORDA) DIY ke XV tahun 2019. Hal ini menarik untuk diteliti mengenai kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh KONI Kabupaten Sleman dalam pembinaan atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari kebijakan yang telah diterapkan oleh Komite Olahraga Nasioanl Indonesia (KONI) Kabupaten Sleman terhadap pembinaan Pekan Olahraga Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2019. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kualitatif dengan metode survey. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara dan studi dokumen terhadap sumber data. Sedangkan untuk analisis data dibagi dalam 3 urutan yang terjadi dalam saat bersamaan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa kebijakan yang ditetapkan oleh KONI Sleman telah sesuai dengan tahap-tahap kebijakan dan berdampak baik kepada pembinaan dan prestasi olahraga. Hal tersebut terbukti dengan berhasilnya pembinaan atlet sehingga pada Pekan Olahraga Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta XV tahun 2019 kontingen Sleman mampu meraih juara umum dengan perolehan 140 medali emas, 122 medali perak dan 158 medali perunggu. Namun ada beberapa faktor pendukung yang harus ditingkatkan yaitu peningkatan pendanaan dan peningkatan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis, kebijakan, pembinaan olahraga
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:08
Last Modified: 06 Aug 2020 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68677

Actions (login required)

View Item View Item