PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN OLAHRAGA TRADISIONAL GOBAK SODOR DAN BENTENGAN TERHADAP KELINCAHAN PADA SISWA PENCAK SILAT SMP NEGERI 2 PLERET

'Ibad, Muhammad Irsyadul (2020) PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN OLAHRAGA TRADISIONAL GOBAK SODOR DAN BENTENGAN TERHADAP KELINCAHAN PADA SISWA PENCAK SILAT SMP NEGERI 2 PLERET. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi-muhammad irsyadul ibad-16602241022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan keterampilan gerak pencak silat menggunakan olahraga tradisional gobak sodor dan bentengan terhadap kelincahan siswa pencak silat SMP Negeri 2 Pleret. Model latihan tersebut disusun dalam buku “Pedoman Berlatih Kelincahan Pencak Silat melalui Permainan Bentengan dan Gobak Sodor”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari beberapa langkah yaitu: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Dikarenakan adanya pandemi covid-19, penelitian hanya dilakukan sampai dengan revisi produk. Ujicoba tidak dapat dilakukan dikarenakan tempat penelitian yaitu SMP Negeri 2 Pleret diliburkan akibat adanya pandemi Covid-19. Hasil presentase kelayakan penelitian ini diperoleh dari validasi Ahli Media yaitu sebesar 86,3%, dan dari Ahli Materi sebesar 90%. Oleh karena itu, media ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media latihan keterampilan gerak pencak silat khususnya kelincahan bagi siswa pencak silat SMP Negeri 2 Pleret.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Agung Nugroho, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pencak silat
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:21
Last Modified: 05 Aug 2020 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68671

Actions (login required)

View Item View Item